Jenis-jenis Web Hosting

jenis-jenis web hosting, perbedaan hosting, vps, cloud hosting.

Web hosting adalah sebuah layanan daring yang memungkinkan suatu website bisa diakses banyak orang secara online. Dengan adanya hosting, maka website bisa online dan dapat dikunjungi oleh siapa saja melalui internet.

Pemahaman sederhananya, hosting merupakan almari tempat menyimpan file website secara online. Tanpa hosting, website tidak akan bisa menyajikan konten atau informasi apapun.

Jenis-Jenis Web Hosting

Ada beberapa tipe web hosting yang saat ini umum digunakan, yaitu web hosting konvensional (shared hosting), virtual private server (VPS), dan cloud server. Masing-masing tipe hosting memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

1. Web Hosting

Web hosting adalah tempat untuk menampung semua file dan data yang dibutuhkan untuk membuat website agar dapat diakses melalui internet. File dan data tersebut bisa berupa gambar, script, email, database, domain, dan lain sebagainya. Dengan web hosting, para pelaku bisnis dapat membuat website dan blog untuk bisnis atau perusahaan mereka agar dapat dilihat dan dibaca oleh orang lain melalui internet.

2. VPS (Virtual Private Server)

VPS bekerja layaknya cloud server dan dapat dijadikan sebagai web hosting. VPS merupakan virtual server yang memungkinkan pembagian sumberdaya ke dalam virtual mesin pada server. Yang membedakan dengan shared hosting yaitu Anda bebas menentukan Sistem Operasi yang ingin digunakan dan mendapatkan akses sebagai root. Pada VPS Anda bebas menginstall program aplikasi apapun, dan dapat diinstall panel sebagai induk dari web hosting yang dapat membagi sumberdaya ke beberapa hosting.

3. Cloud Server

Cloud server merupakan server cloud yang sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk kebutuhan berskala besar. Anda bisa menentukan kebutuhan sumberdaya sesuai keinginan, seperti CPU, RAM, Disk, dll. Dengan cloud server, Anda dapat membuat virtual mesin, container, ataupun docker dengan banyak pilihan operating system.

Selain beberapa jenis web hosting yang disebutkan diatas, ada juga tipe web hosting dedicated server atau suite hosting. Dedicated server adalah sebuah layanan hosting dimana seorang pengguna menggunakan server secara keseluruhan.

Dedicated server biasanya digunakan website berskala besar seperti portal berita, situs toko online, atau web forum. Karena pengguna diberikan server secara utuh maka biaya sewa dedicated server jauh lebih mahal dibanding tipe web hosting lainnya.

Share to :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *