Trik Meningkatkan Pengunjung Blog dan Website

cara meningkatkan pengunjung blog dan website

Meningkatkan pengunjung blog merupakan pekerjaan blogger maupun webmaster yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, mula meningkatkan pengunjung dengan sering memposting artikel, promosi di sosial media, menerapkan teknik SEO, dan lain sebagainya.

Terlepas dari orientasi Anda ngeblog, pengunjung merupakan motivasi Anda untuk terus ngeblog. Setelah menghabiskan banyak waktu untuk menulis artikel dan ternyata tidak ada orang yang membaca artikel Anda, saya yakin hal tersebut akan membuat Anda menjadi malas untuk terus menekuni blogging.

Beberapa Jenis Traffic Blog

Anda bisa mendatangkan pengunjung melalui berbagai cara. Beberapa jenis traffic blog dan website antara lain sebagai berikut:

1. Organic Traffic

Organic traffic adalah visitor yang mengunjungi blog Anda melalui mesin pencari seperti Google. Cara mendatangkan pengunjung ke blog melalui mesin pencari secara garis besar yakni dengan mengoptimasi konten blog sehingga berpotensi memiliki peringkat yang bagus di hasil penelusuran Google.

2. Traffic dari Sosial Media

Pengunjung blog yang datang dari situs sosial media. Teknisnya, Anda mengirimkan URL artikel ke situs sosial media seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, kemudian pengguna sosial media yang merasa tertarik akan mengklik link blog Anda.

3. Traffic dari Iklan Berbayar

Traffic blog yang berasal dari iklan berbayar seperti Google Ads dan lain-lain. Cara yang satu ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun jika website Anda merupakan landing page dari penjualan produk, maka Anda bisa memilih opsi ini untuk meningkatkan traffic dan penjualan.

Dari sejumlah cara mendatangkan pengunjung, cara yang paling banyak dipilih adalah mendatangkan pengujung lewat mesin pencari dan situs sosial media.

Trik Meningkatkan Pengunjung Blog

Sebenarnya tidak ada trik tersembunyi dalam membangun traffic blog. Intinya, Anda perlu menekankan aspek kualitas, sentuhan optimasi baik onpage maupun offpage, dapatkan backlink berkualitas, dan ikuti prosesnya.

Proses yang saya maksudkan adalah soal waktu yang diperlukan, karena meningkatkan pengunjung blog itu membutuhkan waktu. Artinya, jika blog Anda masih relatif baru maka butuh waktu lebih lama untuk mendatangkan traffic.

Berikut cara meningkatkan traffic blog secara tepat untuk hasil yang maksimal dan berkelanjutan.

1. Daftarkan Blog ke Google Search Console

Agar blog Anda bisa ditemukan secara mudah oleh spider bot mesin pencari, silakan daftarkan blog Anda ke Google Search Console. Setelah terdaftar, kemudian lakukan verifikasi. Jika sudah di verifikasi, selanjutnya silakan submit sitemap.

2. Atur Struktur Permalinks

Permalink adalah struktur URL blog Anda. Buatlah struktur permalink yang SEO friendly agar membuka peluang untuk bisa masuk ke page one Google. Untuk setup permalink yang SEO friendly bisa Anda baca artikel Cara Setting SEO WordPress bagi Anda pengguna platform WordPress.

3. Gunakan Theme SEO Friendly

Theme atau template yang SEO friendly adalah theme yang memiliki susunan laman yang baik. Selain itu, pastikan theme yang Anda gunakan memiliki load time yang cepat karena waktu muat yang lambat dapat menurunkan nilai kualitas blog Anda.

4. Posting Artikel Berkualitas

Artikel berkualitas adalah artikel yang memberikan nilai manfaat terhadap pembacanya, jadi tidak semata-mata padat dan panjang saja. Postinglah artikel berkualitas secara rutin, dan perhatikan tema yang Anda usung supaya tidak melenceng jauh dari tema awal blog Anda.

5. Dapatkan Backlink Berkualitas

Backlink adalah link blog Anda yang ditanam di website lain. Anda bisa mendapatkan backlink berkualitas melalui berbagai macam cara membangun backlink, misalkan dengan melakukan guest post, join forum yang relevan, dan juga dengan bermodal artikel berkualitas. Ketika seseorang merasa terbantu dengan artikel Anda, ada kemungkinan yang bersangkutan akan menautkan link blog Anda di blog miliknya.

6. Gunakan Sosial Media

Anda tentu sadar, bahwa pengguna platform sosial media ada jutaan bahkan miliaran orang. Anda bisa membangun komunitas disana, sebarkan artikel Anda, dan dapatkan manfaatnya. Ini bisa Anda lakukan dengan tetap memperhatikan etika dalam berpromosi.

7. Buat Widget Langganan Artikel

Buatlah widget langganan artikel secara gratis. Jika Anda mampu menulis artikel berkualitas, orang yang merasa terbantu dengan artikel di blog Anda akan dengan senang hati mau berlangganan konten blog Anda melalui email. Begitu Anda posting artikel baru, mereka akan mengunjungi blog Anda.

8. Berikan yang Disukai Pembaca

Anda dapat mempelajari karakteristik pengunjung blog Anda. Apa yang benar-benar mereka minati dan apa yang menjadi obsesi mereka?

Misalkan pengunjung blog Anda sangat antusias ketika Anda memposting artikel tentang pengalaman pribadi Anda dalam urusan bisnis, maka Anda bisa mengulas hal tersebut secara lebih detail agar bisa memancing mereka untuk kembali berkunjung ke blog Anda.

9. Posting Artikel Secara Terjadwal

Postinglah artikel secara terjadwal. Pastikan juga Anda mengupdate artikel yang membutuhkan suntingan agar tetap relevan. Posting artikel secara terjadwal cukup penting. Pertama untuk memperbanyak konten, dan yang kedua untuk meningkatkan domain authority blog Anda.

Blog yang memiliki domain authority tinggi sangat mudah untuk mendapatkan peringkat bagus di Google, dan salah satu cara untuk meningkatkan domain authority adalah dengan memperbanyak konten berkualitas.

10. Gunakan Web Hosting Berkualitas

Untuk Anda yang menggunakan self-hosting, memilih web hosting terbaik yang siap memenuhi kebutuhan sumber daya website Anda adalah sebuah keputusan yang sangat penting karena keterbatasan sumber daya dapat menyebabkan blog Anda memiliki load time lambat dan bahkan tidak bisa diakses. Kondisi ini jelas akan mempengaruhi kualitas SEO blog Anda.

Kesimpulan

Meningkatkan pengunjung blog membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun ketika segala sesuatunya sudah Anda kerjakan secara benar, maka traffic tinggi hanya soal waktu. Perbanyak blog Anda dengan konten berkualitas, lakukan optimasi seperlunya agar tidak over optimization, analisa kekurangan yang ada, lakukan perbaikan, terus kelola blog Anda dengan baik, dan pada akhirnya blog Anda akan memiliki banyak pengunjung.

Share to :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *