Tips Memilih Domain yang Tepat Untuk Blog dan Website

tips memilih domain yang tepat untuk blog dan website

Jika Anda ingin membuat website atau blog, maka Anda membutuhkan nama domain dan layanan web hosting.

Sebelum Anda beranjak ke langkah-langkah membuat blog, keduanya perlu Anda persiapkan terlebih dulu. Nah, kali ini saya akan membahas tentang domain.

Memilih domain secara tepat merupakan sebuah keputusan penting karena domain yang Anda pilih akan selamanya menjadi identitas situs web Anda.

Lalu, apa itu domain?

Pengertian Domain

Agar lebih mudah dipahami, maka akan saya jelaskan secara garis besarnya saja. Domain atau nama domain adalah sebuah nama unik yang akan menjadi alamat sebuah website atau blog.

Contoh domain: panduhosting.web.id, wikipedia.org, dll.

Jika tanpa nama domain, maka alamat website itu sebenarnya berupa deretan angka yang panjang yang sulit untuk diingat atau yang disebut dengan IP Address.

Bagaimana cara mendapatkan domain?

Secara umum ada dua cara untuk mendapatkan domain. Pertama Anda membeli, dan yang kedua mendapatkannya secara gratis dengan ketentuan tertentu.

Dimana bisa membeli domain?

Anda bisa membeli nama domain pada perusahaan penyedia registrasi nama domain, seperti Niagahoster, IDwebhost, dan yang lainnya.

Berapa harga sebuah domain?

Tergantung ekstensi apa yang Anda pilih. Apakah .web.id, .com, .org, atau yang lainnya. Untuk ekstensi dot com saat ini harganya berkisar antara Rp 100.000 – Rp 140.000 per tahun.

Selain ekstensi, dimana tempat Anda membeli domain juga bisa membedakan harganya. Namun, selisihnya tidak terlalu banyak.

Tips Memilih Domain yang Tepat

Karena domain akan menjadi alamat website Anda secara permanen, maka Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal sebelum memilih domain.

Perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda memilih nama domain agar nantinya tidak terpikir untuk menggantinya dengan domain baru.

1. Pilih ekstensi yang umum

Ekstensi domain ada banyak sekali. Meski pilihan ekstensi sangat banyak, sebaiknya Anda pilih ekstensi yang umum.

Beberapa ekstensi domain yang umum diantaranya .web.id, .com, .org, .net dan sejumlah ekstensi domain yang umum lainnya.

2. Berkaitan dengan brand atau tema blog Anda

Ini tidak wajib, tapi menurut saya cukup penting karena akan semakin memperlihatkan brand atau topik blog Anda.

Contoh memilih domain yang tepat dalam konteks ini:

  • Panduhosting.web.id (sebuah website yang memiliki topik seputar panduan web hosting)
  • Tokopedia.com (sebuah situs toko online yang menyediakan berbagai macam produk kebutuhan manusia)

3. Mudah pengejaannya

Orang akan sulit mengingat nama domain Anda ketika Anda memilih domain yang sulit dieja. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih domain yang mudah dieja.

4. Jangan terlalu panjang

Saat ini ketersediaan domain singkat memang sudah sangat terbatas, terlebih untuk ekstensi yang paling umum seperti .com, .net, atau .org

Namun demikian, usahakan untuk tidak memilih domain yang terlalu panjang karena akan memberikan kesan yang kurang baik.

5. Pilih registrar terpercaya

Dengan memilih registrar terpercaya, Anda tidak hanya akan mendapatkan harga yang kompetitif, tapi juga pelayanan yang lebih baik.

6. Pikirkan ulang

Seperti dijelaskan sebelumnya, domain yang Anda pilih akan menjadi alamat website Anda untuk selamanya. Artinya, pastikan pilihan tersebut sudah tepat.

Kesimpulan Dalam Memilih Domain Secara Tepat

Domain tidak sebatas sebagai alamat website Anda, tapi ia mewakili berbagai hal penting. Pilihlah domain yang bagus dengan mempertimbangkan sejumlah hal seperti diulas diatas, dan pastikan Anda memikirkannya kembali sebelum membuat pilihan.

Share to :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *